Kamis, 10 Januari 2013

Sejarah Perkembangan Komputer



Perkembangan Komputer Lengkap mulai dari Generasi 1 sampai Generasi 5 (Kelima). , Jadi sejarah komputerini saya temukan kembali dan tercecer diantara file dalam hardisk saya yang penuh.  daripada nanti menjamur ya lebih baik saya posting saja di blog kalau komputer.blogspot.com
Berdasarkan perkembangan teknologi komputer, maka perkembangannya dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu :
a. Sebelum tahun 1940.

b. Setelah tahun 1940.
Sebelum tahun 1940
Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat.
Sejarah Perkembangan Komputer
Perkembangan komputer setelah tahun 1940 dibagi lagi menjadi 5 generasi.
1. Komputer generasi pertama ( 1940-1959 ).
Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena ituberibu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer.
2. Komputer generasi kedua ( 1959 1964 )
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhiperkembangan komputer. Transistor menggantikan tabung vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
3. Komputer generasi ketiga ( 1964 awal 80an )
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini.
4. Komputer generasi keempat ( awal 80an – ??? )
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuahchip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan.
Perkembangan Komputer seperti diungkapkan di atas, hanya memiliki satu prosesor.
Sejarah perkembangan komputer generasi satu sampai lima. Sampai. Hal ini ditekankan sebab ada beberapa perangkat yang memang memiliki prosesor tersendiri di dalam perangkatnya seperti VGA Card AGP, Optical Mouse, dan lain-lain dari Sejarah Perkembangan Komputer.

0 komentar:

Posting Komentar